Home - Blog - Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2019
Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2019
Yayasan almuzakki Jepara - Oktober 28, 2019
Anak Yatim
yayasan almuzakki

12 Rabiul Awal 2019 - Maulid Nabi 2019; Kalender Islam, yang dikenal juga dengan Kalender Hijriah, ialah berdasarkan kepada bulan. Kalender ini dimulai setelah Hijrah Nabi (SAW) ke Madinah. Awal setiap bulan bergantung pada visibilitas bulan pada akhir bulan sebelumnya. Setelah bulan terlihat, bulan yang baru dimulai. Oleh karena itu, setiap bulan dimulai dengan siklus bulan baru. Berkaitan dengan hal tersebut, kalendar muslim memberikan hanya gambaran tentatif dari tanggal-tanggal Islam yang akan datang karena permulaan setiap bulan bergantung pada terlihatnya bulan. Rabiul Awal adalah bulan ke-3 dalam kalender Islam.

Dalam bahasa Arab, kata "rabbi" berarti musim semi, sementara "al awwal" berarti yang pertama. Maka Rabiul Awal secara keseluruhan diterjemahkan sebagai musim semi pertama. Karena Rabiul Awal ialah salah satu bulan pada kalender lunar, bulan ini dapat datang di musim apapun. Oleh karena itu, nama Rabiul Awal memiliki makna simbolis karena melambangkan munculnya kebahagiaan (musim semi) setelah musim dingin yang suram atau khususnya kesedihan, dan bukan musim semi sebenarnya.

Rabiul Awal ini dinamakan demikian karena sebelum Nabi (SAW) lahir (Maulid Nabi), orang-orang tinggal di sebuah negara ketidaktahuan dan kegelapan. Mereka menyembah dewa-dewa yang berbeda. Mereka menyimpang dari jalan Allah (SWT). Setelah Nabi (SAW) lahir, beliau membawa pesan kebenaran, pesan Allah (SWT), keesaan-Nya. Pesan ini membimbing orang-orang ke jalan yang terang, membantu mereka membedakan yang benar dan salah.

Nabi (SAW) adalah lambang kesempurnaan. Dia adalah panutan yang dipilih untuk kita oleh Allah (SWT) dan kita harus mengikuti sunah/kebiasaannya untuk menjalankan gaya hidup ideal yang bukan hanya sesuatu yang telah ditentukan bagi kita oleh agama, tetapi pada kenyataannya, bermanfaat bagi semua manusia jika kita mengikutinya.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Surat Al-Ahzab 33:21)

Bulan Rabiul Awal memegang makna khusus dalam Islam karena umat muslim percaya bahwa Nabi (SAW) yang suci juga lahir di bulan ini, meskipun tidak ada konsensus tanggal yang sebenarnya. Muslim sering merayakannya pada tanggal 12 Rabiul Awal, sering disebut sebagai hari Maulid Nabi. Maulid atau kelahiran Nabi (SAW) dirayakan dengan banyak antusiasme oleh umat muslim di seluruh dunia. Banyak Muslim merayakan Maulid sepanjang bulan guna mengenang Nabi (SAW).

Artikel Lain
yayasan al Muzakki
Jl. Raya Benteng Portugis RT 08 RW 05 Desa Banyumanis, Donorojo,Jepara, Jawa Tengah 59454
Lihat Peta yayasan al Muzakki
Tentang Kami
Laporan Donasi
Daftar Anak Asuh