Home - Blog - Festival Anak Sholeh Islami di AL Muzakki
Festival Anak Sholeh Islami di AL Muzakki
Yayasan almuzakki Jepara - Februari 04, 2018
Anak Yatim
yayasan almuzakki

Pada hari Jum’at, 5 Januari 2018 yang dimulai pada pukul 08.00 WIB telah dibuka acara Festival Anak Sholeh Indonesia oleh beliau Bapak H. Zain Muadhom, S.Pd.I Selaku Ketua NU Ranting Banyumanis di YAYASAN YATIM PIATU AL MUZAKKI desa Banyumanis Kecamatan Donorojo kabupaten Jepara. Acara ini diadakan oleh Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Desa Banyumanis, yang diikuti oleh seluruh lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) se Desa Banyumanis, Lomba ini terdiri dari beberapa cabang yaitu : lomba Adzan, Tilawati Qur’an, Hafalan Surat-surat Pendek Al-Qur’an, Sholat, dan Mewarnai, peserta dari lomba adalah anak-anak yang usianya 6 – 12 tahun, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar memotivasi anak-anak untuk terus belajar serta mewujudkan bibit-bibit bakat dari anak-anak sejak usia dini..

Saat ini kesadaran anak-anak dan remaja akan pentingnya ilmu agama mulai menurun. Supaya bisa menghadapi tantangan zaman seorang muslim harus memiliki aqidah yang kuat dan pemahaman agama islam yang baik. Keberhasilan menciptakan generasi muslim yang baik berkaitan erat dengan pola pembinaan hari ini. Jika hari ini, generasi penerus mendapat pembinaan agama yang baik, maka di masa depan akan terbentuk generasi muslim yang kuat, berakhlakul karimah dan mandiri untuk menghadapi tantangan globalisasi. Namun sebaliknya, jika generasi penerus tidak mendapat perhatian dari segi pembinaan agama maka di masa mendatang mereka tidak memiliki pegangan aqidah yang kuat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut IPNU IPPNU Ranting Banyumanis bekerjasama dengan Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki berinisiatif untuk mengadakan sebuah kegiatan yang positif dan bertemakan keagamaan untuk meningkatkan semangat religi.

Kegiatan keagamaan yang di selenggarakan adalah Festival Anak Sholeh Islami (FASI) dengan tema “Mencari dan Mengembangkan Bibit – bibit Penerus Pejuang Islam”. Kegiatan FASI digelar untuk mengembangkan kemampuan dalam menguasai ilmu agama.

Berikut daftar Lomba yang telah di laksanakan ;

1. Adzan Dari kegiatan Fasi Di cabang Adzan yang di ikuti 8 peserta dari 8 lembaga TPQ se Desa Banyumanis. Telah memotivasi anak – anak untuk lebih belajar tata cara Adzan yang baik dan benar dengan Lafalz dan Kelantangan Suara.

2. Hafalan Surat Pendek Dari Kegiatan Fasi Ini Telah Mengarahkan Peserta Lomba Untuk Lebih Giat Menghafalkan Surat – Surat Pendek Secara Umum Dan Menghafal Al – Qur’an Secara Khusunya. Sehingga Di Desa Banyumanis kedepan akan semakin banyak Pengahfal Kitab Suci Al – Qur’an atau di sebut dengan Kafidz dan Kafidzhoh.

3. Sholat Di cabang Sholat juga melatih peserta dan menjadikan peserta untuk disiplin dan paham serta mampu menjalankan sholat dengan baik dan benar. Karena peserta dituntun harus bisa melafalkan bacaan sholat dengan benar.

4. Dacil Di Cabang Dacil inilah cabang yang paling di nanti – natikan peserta dan seluruh masyarakat yang menyaksikan. Karena cabang ini akan meciptakan calon – calon pendakwah yang nantinya memang di didik untuk terus berdakwah di ajaran Agama Islam dengan keberanian mental dan juga penguasaan materi serta pembawaan atau penyampaian materi yang mudah di pahami masyarakat secara umum.

5. Mewarnai Cabang Mewarnai inilah yang paling membanggakan. Karena dicabang ini peserta masih berusia 4- 6 tahun, peserta sudah berani berkreasi dan menghasilkan karya seni yang menakjubkan.

6. Tilawatil Qur’an Cabang ini juga tidak kalah menariknya, karena peserta dituntut mampu membaca potongan Surat dalam Al – Qur’an untuk dilantunkan dengan suara yang bagus dan indah di dengar oleh pendengar, dari cabang ini akan menghasilkan generasi generasi seni membaca Al – Qur’an.

Artikel Lain
yayasan al Muzakki
Jl. Raya Benteng Portugis RT 08 RW 05 Desa Banyumanis, Donorojo,Jepara, Jawa Tengah 59454
Lihat Peta yayasan al Muzakki
Tentang Kami
Laporan Donasi
Daftar Anak Asuh